Apa itu web developer? Menurut wikipedia, web developer adalah seorang programmer yang memiliki spesialisasi dalam hal pembuatan aplikasi berbasis web, atau aplikasi yang berjalan menggunakan internet. Tertarik menjadi web developer? Mungkin ini profesi yang cocok untuk Anda, tapi mungkin juga tidak. Baca artikel ini sampai habis untuk mengetahuinya lebih lanjut.

Gaji Seorang Web Developer di Indonesia

Berapa sih gaji seorang web developer? Tentu saja, hal itu bergantung dengan lokasi pekerjaan/perusahaan, besar/kecilnya perusahaan, dan lain sebagainya. Menurut situs indeed.com, rata-rata gaji seorang web developer di Indonesia adalah Rp. 4.298.955 (info di indeed.com per 6 Februari 2019). Karena nilai rata-rata, tentu saja ada perusahaan-perusahaan yang menggaji web developernya dengan angka yang jauh lebih tinggi dari itu. Apalagi, apabila Anda suka bekerja dengan bebas, seorang web developer dapat menjadi freelancer, bekerja bebas tanpa ikatan dengan perusahaan tertentu. Dalam hal tersebut, gaji dapat bervariasi tergantung dengan kredibilitas, profesionalitas yang Anda miliki. Semakin powerful karya/portofolio yang Anda miliki, besar kemungkinan nilai project yang Anda tangani dapat semakin meningkat.

Tertarik nih! Mulai dari Mana?

Untuk menjadi web developer, Anda perlu belajar web programming. Belajar web programming menurut saya tidaklah susah (relatif mudah), dapat dipelajari secara otodidak, tanpa sekolah/kursus. Bagi sebagian orang memang susah untuk belajar mandiri (browsing artikel di internet), membutuhkan guru yang mendampingi. Apabila Anda termasuk orang seperti itu, mungkin Anda perlu cek situs Youtube. Sudah banyak sekali youtuber yang memiliki konten pembelajaran bahasa pemrograman web, bahkan banyak diantaranya berbahasa Indonesia.

Database/Basis Data

Sebagian besar aplikasi web (aplikasi yang dibuat oleh web developer) menggunakan database untuk menyimpan dan mengelola data. Misalnya saja, aplikasi toko online memiliki database untuk menyimpan data customer, produk, dan lain sebagainya. Memang sih, di perusahaan biasanya hal ini ditangani oleh profesi yang berbeda, tetapi tidak ada salahnya Anda memahami dasar-dasar dari pembuatan/pengolahan data di dalam database. Untuk menampilkan data di dalam aplikasi web, juga dibutuhkan pengetahuan terkait SQL (umumnya). Menguasai dasar-dasar pengetahuan database menurut saya merupakan hal positif dan nilai tambah yang sangat bagus untuk seorang web developer.

HTML dan CSS

Hypertext Markup Language (HTML) dan Cascading Style Sheet (CSS) adalah hal kedua yang perlu Anda pelajari. Tanpa mengetahui HTML dan CSS, Anda akan kesulitan untuk membuat tampilan aplikasi web. Lagi-lagi, ini sebenarnya pekerjaan dari profesi yang lain (biasa disebut web designer/front-end web developer). Namun, menguasai HTML dan CSS tetaplah sangat diperlukan. Untuk menampilkan halaman web, web developer perlu membuka source code tampilan yang sudah didesain oleh web designer untuk disisipkan kode-kode lain untuk menjadi sebuah aplikasi web yang dinamis.

Server Side Scripting Language

Untuk mengelola data di dalam database, perlu adanya bahasa pemrograman server-side yang dapat mengakses (berinteraksi) dengan sistem database. Salah satu contoh bahasa jenis ini adalah PHP. Bahasa PHP merupakan salah satu bahasa program yang sangat mudah untuk dipelajari (menurut sebagian besar pendapat), bersifat open source, gratis sehingga bebas digunakan bahkan dalam project yang profitable.

Tips untuk Menjadi Web Developer

Untuk belajar menjadi web developer, ada beberapa tips dan trik dari saya yang dapat Anda pertimbangkan:

  1. Selalu berdoa sebelum memulai belajar.
  2. Belajarlah pelan-pelan, tidak usah terburu-buru.
  3. Praktekkan sedikit teori yang Anda baca/temukan di tutorial (blog, youtube, dsb), jangan hanya dibaca saja. Praktek akan membantu Anda mengingat teori tersebut.
  4. Jika sudah lumayan masuk ke dalam dasar-dasarnya, mulailah project kecil. Tentukan satu project yang sederhana dan Anda harus benar-benar paham dengan alur proses bisnisnya. Buatlah pelan-pelan dan ikutilah pertanyaan yang muncul dalam benak Anda, misal: “Bagaimana cara untuk membuat mekanisme login?” Selanjutnya, tentu saja Anda mulai riset di internet, berkaitan dengan proses login di aplikasi web, mempelajari segala sesuatu yang dibutuhkan untuk itu. Hal ini diikuti dengan pertanyaan dan riset selanjutnya.
  5. Tips nomor 4 itu penting menurut saya. Ada sebagian orang yang belajar dengan cara menyapu bersih teori-teori yang ada, secara random, bukan dengan urutan pemikiran/kebutuhan kita masing-masing. Hal ini mungkin membuat Anda tahu banyak hal, tapi belum tentu Anda dapat mempraktekkannya secara komprehensif dalam pembuatan aplikasi web. Percayalah, semua teori-teori itu akan sampai juga saatnya nanti ketika Anda benar-benar membutuhkan, dan selanjutnya akan mempelajarinya juga pada akhirnya.

Sumber

  1. https://en.wikipedia.org/wiki/Web_developer
  2. https://id.indeed.com/salaries/Web-Developer-Salaries